Satlantas Polres Sragen Bekali Supeltas Relawan untuk Menciptakan Lalu Lintas yang Aman dan Tertib - WARTA GLOBAL JATENG

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Satlantas Polres Sragen Bekali Supeltas Relawan untuk Menciptakan Lalu Lintas yang Aman dan Tertib

Friday 20 September 2024
SRAGEN, WARTAGLOBAL.id -- Satuan Lalu Lintas Polres Sragen baru-baru ini mengadakan sosialisasi dan edukasi bagi puluhan perwakilan Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) di Aula Polres Sragen. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik di lapangan Wira Pratama, pada Kamis, 19 September 2024. 

Kapolres Sragen, AKBP Petrus Silalahi, melalui Kasat Lantas AKP I Putu Asti, mengungkapkan bahwa 40 orang Supeltas mengikuti acara ini dengan antusias.

“Materi yang disampaikan meliputi teknik pengaturan arus lalu lintas dan keselamatan yang harus diperhatikan dalam menjalankan tugas,” jelas Kasat Lantas. 

Dalam kesempatan ini, pemateri berasal dari berbagai institusi, termasuk Satlantas, Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen, dan PT Jasa Raharja.

Menurut Kasat Lantas, sosialisasi dan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

“Dengan kehadiran Supeltas, diharapkan mereka dapat membantu tugas kepolisian dan masyarakat dalam memperlancar arus lalu lintas, serta mencegah kemacetan dan kecelakaan,” tambahnya.

Kasat Lantas juga menekankan pentingnya memberikan bekal keterampilan kepada Supeltas. “Kami ingin memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang memadai dan keterampilan yang baik dalam mengatur lalu lintas. Ini agar keberadaan mereka di jalan dapat bermanfaat bagi ketertiban lalu lintas, khususnya di Kabupaten Sragen,” ungkapnya.

Selama sosialisasi, para Supeltas diajarkan 12 gerakan lalu lintas, serta diberikan tips untuk melakukan pengaturan dengan aman. “Kami menjelaskan tentang penempatan diri yang aman, bagaimana agar terlihat oleh pengguna jalan, dan kapan waktu yang tepat untuk mengambil keputusan dalam situasi lalu lintas,” lanjut Kasat Lantas.

Di akhir sesi, setiap Supeltas menerima rompi lalu lintas dan bendera sebagai simbol tanggung jawab baru mereka. “Ini adalah bentuk apresiasi kami kepada mereka yang bersedia membantu tugas kepolisian. Dengan perlengkapan ini, mereka lebih siap dalam menjalankan tugas pengaturan lalu lintas,” ujar Kasat Lantas.

Pihak Polres juga berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja Supeltas.

“Kami ingin memastikan bahwa keberadaan mereka memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Pemantauan ini penting untuk memastikan tugas mereka berjalan efektif,” tambahnya.

Jasa Raharja juga turut berpartisipasi dalam sosialisasi, menjelaskan tentang santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas.

“Kami sudah memberikan santunan kepada tiga Supeltas yang mengalami kecelakaan. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung mereka,” kata perwakilan dari Jasa Raharja.

Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen menambahkan bahwa pentingnya keselamatan prasarana jalan dan instalasi lampu LED di lokasi Supeltas juga menjadi perhatian dalam sosialisasi ini.

Di akhir acara, Kasat Lantas memberikan pesan kepada para Supeltas. “Dalam melaksanakan tugas, utamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya. Senyum dan empati kepada pengguna jalan sangat penting. Ingat, laksanakan pekerjaan ini dengan ikhlas, dan rejeki akan mengikutinya,” tutupnya.

(Joko Susilo)

KALI DIBACA