Polres Karanganyar Harapkan Gembala Kamtibmas Berperan Menciptakan Kondusivitas Selama Pilkada 2024 - WARTA GLOBAL JATENG

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Polres Karanganyar Harapkan Gembala Kamtibmas Berperan Menciptakan Kondusivitas Selama Pilkada 2024

Thursday 5 September 2024
KARANGANYAR, WARTAGLOBAL.id --Polres Karanganyar berharap para Gembala Kamtibmas dapat berperan aktif dalam menciptakan situasi kondusif selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Harapan tersebut disampaikan dalam acara Pembinaan Forum Gembala Kamtibmas yang dilaksanakan di Aula GBIS Wahyu Sejati, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Rabu (4/9/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Karanganyar, menandai sinergi antara kepolisian dan elemen masyarakat dalam menyukseskan proses demokrasi.

Kasatbinmas Polres Karanganyar, AKP Budi Raharjo, menegaskan bahwa Pilkada 2024 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada November mendatang. Ia berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk memastikan kontestasi politik berlangsung lancar.

“Pilkada adalah momen penting untuk kematangan demokrasi kita. Siapapun yang terpilih harus diterima dengan lapang dada, sesuai dengan amanat undang-undang,” ujarnya.

AKP Budi Raharjo juga menekankan pentingnya toleransi antar umat beragama, sebagai bagian integral dari Pancasila. 

“Toleransi sangat penting untuk menjaga keharmonisan, dan Pancasila tersirat dalam hal tersebut,” tambahnya.

Kapolsek Ngargoyoso, Bambang Saptono, meminta agar para Gembala Kamtibmas terus berkoordinasi dan bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pilkada. 

“Walaupun tahun-tahun politik, khususnya di Kecamatan Ngargoyoso, kami harapkan situasinya tetap sejuk,” imbuhnya.

Ketua Forum Gembala Kamtibmas, Pendeta Paulus Purwoto, memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan pesan penting seiring dengan kedatangan Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan, yang tengah melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

“Ini adalah momen luar biasa bagi kami untuk menyosialisasikan pentingnya partisipasi dalam Pilkada di gereja masing-masing,” kata Pendeta Paulus Purwoto.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak golput dan memanfaatkan hak pilihnya. “Pesta demokrasi ini menentukan nasib kita lima tahun ke depan. Kami mohon Gembala Kamtibmas untuk menjaga kamtibmas dan netralitasnya selama proses Pilkada,” tuturnya.

Melalui kolaborasi antara kepolisian, Gembala Kamtibmas, dan masyarakat, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, mencerminkan kedewasaan demokrasi serta keharmonisan sosial.

(Joko SUsilo)

KALI DIBACA